WA: +62 822-1786-6600

Apa itu Domain? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Domain adalah alamat website yang diketikkan ketika ingin mengakses suatu website. bentuk dari nama domain setiap website itu bervariasi sesuai dengan isi dan jenis websitenya.

seperti contohnya ketika ingin mengakses laman Google. Tentu Anda akan menuliskan google.com di browser, bukan? nah yang diketikkan di browser adalah domain. Jadi domain adalah alamat untuk mengakses suatu website.

Untuk Anda yang ingin membuat suatu website, yuk pelajari apa itu domain, fungsi domain dan jenis domain, hingga cara daftar domain!

Pengertian Domain

Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengakses suatu website di internet. Nama domain umumnya diakhiri dengan ekstensi, seperti .com, .id, dan sejenisnya.

Sistem nama domain biasanya terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Nama domain adalah alamat yang mewakili situs (seperti google). Sementara ekstensi domain adalah bagian akhir dari domain, seperti .com, .org, .net, atau .edu.

Domain memungkingkan pengguna untuk mengakses situs web tersebut dengan mudah dan cepat tenpa perlu mengingat alamat IP yang rumit. Selain itu, domain juga dpata memberikan kesan profesional pada sebuah website dan memudahkan pengunjung untuk menginagt alamat website tersebut.

Nah, sampai sini Anda sudah paham apa itu Domain, ‘kan? apa saja fungsi Domain? yuk simak berikut ini!

Fungsi Domain

Fungsi utama dari domain dalam website adalah untuk mengidentifikasi dan memudahkan akses ke situs web tertentu di internet. Selain itu, domain juga dapat membantu dalam membangun citra dan merek suatu website, dan dapat memperkuat kehadiran online suatu bisnis atau organisasi.

penggunaan domain tidak perlu khawatir salah alamat, selama alamat yang dimasukkan sesuai. Karena sebuah domain adalah suatu hal yang unik. sehingga tak seorang pun bisa menggunakan nama domain yang sudah terdaftar atas nama orang lain.

Jenis-jenis Domain

Adapun jenis-jenis pada domain adalah sebagai berikut:

  1. TLD (Top-Level Domain) Umum: adalah jenis domain yang paling umum dan familiar, seperti .com, .org, .net, .info, dan lainnya. TLD umum digunakan oleh berbagai jenis situs web, baik bisnis, organisasi, pribadi, dan lain sebagainya.
  2. TLD Wilayah: adalah jenis domain yang digunakan oleh situs web yang dikaitkan dengan suatu wilayah atau negara tertentu, seperti .id (Indonesia), .uk (Inggris), .jp (Jepang), dan lain-lain.
  3. TLD Khusus: adalah jenis domain yang digunakan oleh suatu industri atau kelompok khusus, seperti .edu (untuk institusi pendidikan), .gov (untuk pemerintah), .mil (untuk militer), dan lain-lain.
  4. SLD (Second-Level Domain): adalah domain yang digunakan di bawah TLD, misalnya nama situs seperti “google” di google.com atau “wikipedia” di wikipedia.org. SLD dapat digunakan untuk memperkuat identitas merek suatu situs web atau untuk membedakan antara sub-situs web dalam satu domain.
  5. Sub-Domain: adalah jenis domain yang digunakan untuk situs web yang terkait dengan situs web utama, misalnya blog.situsweb.com, forum.situsweb.com, atau support.situsweb.com. Sub-domain dapat membantu dalam mengatur dan mengorganisir konten situs web.

Pemilihan jenis domain yang tepat akan membantu situs web Anda menjadi lebih mudah dikenali dan diingat oleh pengunjung.

sudah siap memiliki alamat unik untuk website Anda? Jika sudah memiliki nama domain incaran, Anda bisa segera mendaftarkannya oleh penyedia layanan hosting dan domain.

Indowebhost bisa menjadi pilihan karena merupakan jasa layanan web hosting yang terpercaya. dan yang paling menarik adalah domain Indowebhost bisa Anda dapatkan dengan harga murah mulai dari belasan ribu.

Segera kunjungi https://indowebhost.co.id/domain-murah/ untuk info lebih detail.