Pengertian Kelebihan dan Strategi Social Media Marketing (SMM)

Pengertian Kelebihan dan Strategi Social Media Marketing (SMM)

Pengertian Social Media Marketing

SMM merupakan salah satu jenis digital marketing paling umum saat ini, tapi sebenarnya apa sih SMM itu ?. SMM (Social Media Marketing) adalah kegiatan mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial menggunakan strategi tertentu. Definisinya memang cukup sederhana, yaitu mempromosikan produk atau layanan di media sosial. Akan tetapi, inti sebenarnya dari social media marketing terletak pada strateginya.

SMM membantu perusahaan mendapatkan feedback langsung dari pelanggan (dan calon pelanggan). Bagian interaktif media sosial memberikan pelanggan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau keluhan suara dan merasa mereka didengar.

SMM menjadi lebih umum dengan meningkatnya popularitas situs seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube.

Kelebihan Social Media Marketing

1. Harga yang Relatif Murah

Membuat akun sosial media untuk bisnis Anda gratis, namun tentunya Anda membutuhkan team yang handal untuk membuat konten yang berkualitas.

2. Fleksibel Untuk Menjalankan Iklan Berbayar

Iklan berbayar yang ditawarkan oleh Facebook, Instagram dan sosial media lainnya sangatlah nyaman untuk Anda gunakan karena iklan tersebut dapat dijalankan kapan pun Anda butuhkan, dan sesuai dengan budget yang ditentukan.

3. Penggantian Konten Secara Rutin dan Teratur

Berbeda dengan media yang lainnya, Anda dapat mengupload konten yang berbeda setiap harinya, sesuai dengan kebutuhan Anda. Bandingkan dengan iklan radio atau televisi, mereka hanya akan menjalankan satu skrip yang sudah kita siapkan.

4. Social Media Presence

Tidak salah lagi, social media presence sangatlah dibutuhkan oleh suatu bisnis karena konsumen mencari informasi mengenai suatu produk atau servis melalui sosial media, selain menggunakan search engine.

5. Media Penghubung Konsumen

Banyak sekali bisnis yang melupakan pentingnya hubungan yang baik dengan konsumen, sehingga konsumen itu pun beralih ke kompetitor produk atau servis yang sama.

Akun sosial media Anda dapat menampung berbagai macam keluhan, saran, dan apa pun yang konsumen rasakan sehingga Anda tahu, apa yang perlu diperbaiki secara cepat.

Selain itu, sosial media juga dapat menampung ide dari konsumen untuk membantu Anda membuat produk baru.

Strategi Social Media Marketing

Jika Anda ingin melakukan social media marketing, tentunya Anda juga harus merencanakan strategi terlebih dahulu. Mengelola media sosial tanpa strategi sama saja bekerja tanpa rencana. Menjalankan social media marketing tanpa strategi akan berakibat negatif terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, langkah pertama social media marketing adalah menyusun strategi. Berikut adalah langkah-langkah menyusun strategi untuk kampanye media sosial Anda.

1. Tentukan Sosial Media Utama

Anda tidak bisa menggunakan semua platform untuk kampanye media sosial Anda. Sebab masing-masing bisnis memiliki target konsumen yang berbeda dan setiap platform media sosial juga memiliki karakteristik pengguna masing-masing.

Bisa jadi sebuah bisnis perlu melakukan kampanye media sosial di Instagram, Facebook, dan Twitter. Sedangkan bisnis lainnya mungkin hanya perlu menggunakan Instagram saja.

2. Membangun Kredibilitas

Jika Anda telah menentukan satu media sosial yang menurut Anda efektif sebagai tempat pemasaran produk. Saatnya membangun kredibilitas produk. Tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba membangun brand awareness. Tahap ini, Anda harus menjelaskan identitas produk yang Anda jual tersebut. Baik dari segi produk, kegunaan produk, serta produk Anda tawarkan untuk siapa.

3. Fokus Pada Target

Kesalahan yang paling sering terjadi pada pengusaha yang baru menjalankan strategi social media marketing adalah mengincar seluruh orang. Inilah kesalahan terbesar, Anda bisa memilih orang-orang yang memang menjadi fokus Anda. Tak perlu mengincar orang yang tidak tertarik dengan produk, karena hal tersebut hanya akan membuat Anda membuang-buang tenaga saja. Fokuslah pada konsumen yang ingin Anda incar.

4. Buat Konten yang Berkualitas dan Menarik

Dengan konten yang berkualitas dan mampu menarik perhatian serta minat para konsumen tentu merupakan tujuan utama Anda agar bisnis yang sedang Anda jalani berjalan dengan sukses. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar konten sosial media Anda mampu menarik minat para konsumen, antara lain yaitu:

  • Membuat judul dan headline yang menarik

Ketika akan menulis, maka headline atau judul merupakan hal yang pertama kali tentu akan dilihat oleh konsumen. Karena itu, sudah sangat seharusnya pembuatan judul atau headline konten mempunyai pesan yang kuat dan mampu menciptakan suasana ketertarikan dan emosi para pembacanya. Maka, cobalah untuk membuat headline atau judul yang mampu menarik minat para konsumen untuk membacanya. Namun, buatlah sebuah pesan yang berbeda dari setiap konten yang Anda tulis.

  • Memberikan peran yang optimal di setiap sosial media

Sebagai sosial media marketing, Anda tentu memahami bahwa setiap platform yang terdapat di sosial media mempunyai keunikan yang berbeda-beda. Karena itu, jika Anda ingin membagikan sebuah konten yang sama di beberapa platform, maka Anda perlu memastikan terlebih dahulu konteks sosial media yang akan Anda gunakan. Contohnya, jika Anda ingin menggunakan Instagram maka sebaiknya menggunakan sebuah konten foto, sebaliknya jika Anda menggunakan media twitter, maka sebaiknya Anda menggunakan cuitan singkat untuk penyebaran kontennya.

  • Variasi di setiap konten

Konten yang sama dan berulang justru akan membuat audiens merasa bosan dan jenuh. Hal ini tentunya akan mengurangi engagement brand Anda. Jika lebih buruk, maka hal ini akan mengurangi jumlah followers terhadap brand Anda di sosial media. Karena itu janganlah terlalu sering menggunakan konsep yang sama pada konten yang Anda buat. Anda juga dapat menyelipkan beberapa fitur seperti contohnya video pendek menggunakan format GIF untuk menambah minat audiens serta melakukan update hal baru mengenai apa yang paling disukai oleh audiens.

5. Jadwal dan Frekuensi Posting

Kelebihan media sosial dari platform-platform marketing lainnya adalah memungkinkan Anda untuk memiliki komunikasi dua arah dengan konsumen. Hal ini juga menuntut Anda untuk selalu hadir di media sosial setiap saat.

Untuk menemukan waktu yang tepat untuk merilis konten media sosial juga memerlukan riset dan percobaan. Sebab setiap bisnis punya karakteristik dan kebiasaan konsumen yang berbeda-beda. Selain itu, masing-masing platform media sosial juga memiliki kebiasaan pengguna yang berbeda-beda.

Jarang memposting merupakan hal yang buruk untuk strategi SMM Anda. Terlalu banyak memposting juga sama buruknya, lalu bagaimana cara kita menentukan frekuensi postingan yang tepat ? Berikut adalah frekuensi optimal untuk masing-masing sosial media :

  • Facebook: maksimal 2x sehari dan 5-10x seminggu
  • Twitter: 5x sehari atau lebih
  • LinkedIn: 1x per hari dan 20x per bulan
  • Google+: maksimal 3x sehari
  • Pinterest: 5x sehari atau lebih
  • Instagram: 1-2x sehari atau lebih

sumber : https://buffer.com/library/how-often-post-social-media

7. Manfaatkan Iklan

Jangkauan di media sosial tidak hanya didapatkan melalui jangkauan organik saja. Anda juga bisa memanfaatkan layanan iklan masing-masing platform media sosial untuk meningkatkan jangkauan postingan media sosial Anda.

Terlebih lagi timeline media sosial seperti Instagram dan Facebook menerapkan sistem acak, bukan lagi berdasarkan waktu posting. Hal ini bisa menyebabkan konten media sosial Anda terlewat. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan layanan iklan. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan layanan iklan media sosial.

8. Evaluasi Performa

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah evaluasi performa strategi social media marketing Anda. Tanpa evaluasi Anda tidak bisa mengetahui apa yang perlu dipertahankan, apa yang perlu ditiadakan, dan apa yang perlu ditingkatkan.

Agar evaluasi strategi social media marketing lebih efektif, Anda memerlukan bantuan aplikasi pengelola media sosial. Kebanyakan aplikasi pengelola media sosial memang berbayar, tetapi penting untuk keberlangsungan strategi social media marketing Anda.

Dengan menggunakan platform pengelola media sosial, Anda bisa mendapatkan analisis dan insight mendalam mengenai kampanye media sosial Anda. Beberapa platform pengelola media sosial yang cukup terkenal adalah SproutSocial, Buffer, HootSuite, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat