Perbedaan SEO Dan SEM

Perbedaan SEO Dan SEM

SEO dan SEM memang istilah yang belum awam. Bagi Anda para pelaku bisnis di bidang digital, mungkin pernah mendengar istilah-istilah tersebut namun kurang memahami apa perbedaan dari keduanya. Kedua istilah ini memang sering digunakan secara bergantian, tidak pernah dipakai secara bersamaan. Ketika seseorang menggunakan istilah SEO, biasanya ia tak serta-merta menyebutkan pula istilah SEM.

  • SEO (Search Engine Optimization) 

SEO atau optimasi mesin pencari adalah sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan ketekunan, keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

Apa yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google merupakan page dari website yang telah teroptimasi (melalui SEO). Inilah pentingnya SEO, ketika hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa, Google. SEO ini sebenarnya merupakan komponen dari kategori yang lebih besar yaitu Search Engine Marketing (SEM) itu sendiri.

Hukum dan aturan tak tertulis SEO memang terus berubah seiring  dengan perubahan algoritma mesin telusur itu sendiri dari waktu ke waktu. Namun, ada satu aspek dari SEO yang tetap konsisten yaitu: On-Page SEO dan Off-Page SEO. Inilah komponen inti SEO. Pahami lebih dalam keduanya lewat daftar berikut!

  • SEO On-Page meliputi:

Memasukkan target keyword secara alami ke dalam judul blogpost, heading tag, meta description, dll.

Merapikan format URL halaman/ page Anda.

Mengoptimalkan kecepatan dimuatnya halaman website Anda.

Mengintegrasikan berbagi media sosial dengan konten Anda.

  • SEO Off-Page meliputi:

Membuat backlink yang berkualitas tinggi dan menempatkannya secara natural.

Menerapkan Local SEO.

Selain itu, ada lagi aktivitas SEO Off-Page penting yang lainnya. Kami telah membuat satu artikel khusus berupa panduan komprehensif mengenai SEO Off-Page.

  • SEM (Search Engine Marketing)

Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan du search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen. contohnya, Seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya adalah kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Nah jika Anda melakukan SEO, hal ini juga termasuk upaya SEM.

Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM

SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di mesin telusur. SEM lebih besar jangkauannya, dianggap sebagai pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas web lewat hasil mesin pencari organik dan juga lewat iklan. Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta taktik/ strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.

Nah itulah perbedaan utama antara kedua istilah tersebut yaitu bahwa optimisasi mesin pencari (SEO) hanyalah sebuah komponen dari pemasaran mesin pencari (SEM). Seperti telah kami sebutkan juga sebelumnya di atas, SEM mencakup komponen pencarian berbayar semacam PPC dan bahkan juga termasuk SMM (Social Media Marketing).

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak boleh menggunakan istilah SEO dan SEM secara bersamaan untuk sebuah maksud spesifik. Karena, meskipun mereka bekerja berdampingan, mereka bukan istilah yang sama. Ada hierarki di sana (SEO bagian dari SEM, SEM bukan bagian dari SEO, SEO adalah salah satu strategi SEM).

Taktik Pemasaran yang Lebih Baik, SEM atau SEO

Banyak marketer/ divisi pemasaran pada suatu bidang bisnis yang memperdebatkan apakah yang satu lebih baik dari yang lain. SEO organik adalah pendekatan yang terbaik. Seperti yang Kalian lihat, SEM sesungguhnya tidak bisa berhasil mulus tanpa menggunakan taktik SEO yang organik. Anda mungkin tergiur melakukan teknik Black Hat SEO, hasilnya bisa instan tapi dampaknya apalagi resiko penalti dari Google yang bisa Anda terima bisa jadi juga menghancurkan apa yang Anda bangun dalam sekejap saja.

Selain itu, memang ada banyak situasi/ kasus di mana PPC (salah satu komponen SEM) lebih masuk akal dibanding SEO. Sebagai contoh, jika Anda pertama kali meluncurkan website dan Anda ingin segera meningkatkan visibilitasnya bagi pengguna internet di luar sana, ya logikanya lebih cepat dan efektif untuk membuat kampanye PPC. Karena kampanye ini membutuhkan waktu kurang dari aktivitas SEO (yang hasilnya tak mungkin muncul secara singkat).

Namun, walau SEO organik membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan hasil, pada akhirnya akan lebih murah jika Anda bisa mengembangkan kredibilitas website Kalian di mesin pencarian (membangun kredibilitas ini tidak bisa Anda buat dengan kampanye semacam PPC)

 Jalankan keduanya secara beriringan. Keduanya sama pentingnya. Namun, perihal waktu memulai yang mana duluan, penting untuk mengevaluasi kebutuhan spesifik Anda. Namun, sekali lagi pastikanlah untuk sepenuhnya memahami perbedaan keduanya terkait target/ kepentingan Anda serta bagaimana Anda mampu untuk mempertahankan upaya Anda itu.

Kesimpulan

Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing tidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada mesin pencarian organik dan juga pada bagian yang diiklankan. Ini artinya, SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.

 Anda telah mendapat info mendasar soal SEM dan SEO beserta perbedaan keduanya. Sebagai provider hosting murah dan vps murah, kami berkomitmen untuk membantu kesuksesan Anda secara online Dengan indowebhost.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat