Tips Mempromosikan Blog

Tips Mempromosikan Blog

Mengelola blog memang gampang gampang susah. Pekerjaan Anda tidak terbatas pada membuat konten saja, tetapi juga mempromosikannya. Anda tidak bisa hanya menerbitkan konten dan menunggu pembaca akan datang dengan sendirinya.

Sebagai pemilik blog, Anda harus melakukan berbagai promosi blog agar banyak yang mengunjungi blog Anda dan membagikan konten di blog Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mempromosikan Blog

1. Promosikan Konten bukan blog. Artinya setiap kali anda menaruh link di berbagai tempat, bawa langsung ke konten yang ingin anda promosikan. Bukan ke homepage.

2. Konten yang berkualitas. Bukan konten yang hanya copy paste, ganti kata, tulis ulang. Konten anda harus punya ide-ide baru di dalamnya, dan yang terpenting harus membantu orang lain menyelesaikan masalah.

3. Jangan gunakan tool otomatisasi, minimal sampai anda sudah punya audience sendiri. Bicaralah kepada orang yang ingin anda promosikan sebagai manusia, bukan robot. Lakukan promosi secara manual. Semua yang serba otomatis biasanya menjurus kepada spam.

Setelah mengetahui ketiga hal diatas, saatnya untuk mengetahui tips dan cara mempromosikan blog.

1. Promosikan Blog di Forum Online

Forum online merupakan salah satu platform yang perlu Anda gunakan untuk mempromosikan blog. Platform forum online biasanya menyediakan forum terpisah untuk topik tertentu sehingga Anda bisa mempromosikan blog ke calon pembaca yang spesifik.  Untuk Awalan Anda bisa mempromosikan blog Anda di Kaskus.

2. Gabung ke Facebook Group yang bersih

Karena banyaknya orang Indonesia yang aktif dalam Facebook Groups, komunitas ini bisa menjadi salah satu tempat promosi terbaik. Sebelum bergabung, ingat 2 hal ini.

Pertama, jangan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik blog dan konten anda. Kalau konten anda tentang diet, gabunglah ke grup diet.
Kalau konten anda tentang bisnis, gabunglah ke grup bisnis.

Kedua, jangan promosi ke grup yang isinya sebagian besar spam link website. Post anda tidak akan terlihat di News Feed para anggotanya. Pastikan grup yang anda pilih aktif berisi komentar dan like, bukan hanya spam. Anda pun juga tidak boleh melakukan spam.

Berikut ini adalah tips lain promosi di Facebook supaya anda tidak ditendang dari grup:

  1. Rasio promosi 4:1, 4 kali membantu orang lain, 1 kali promosi.
  2. Promosikan link yang benar-benar membantu anggota grup menyelesaikan persoalan.
  3. Ikuti aturan grup. Kalau anda tidak diperbolehkan memposting link, jangan.
  4. Tidak harus membuat post baru untuk promosi. Tempat komentar juga bisa.
  5. Jangan bergabung hanya untuk promosi. Hal utama yang harus anda lakukan disini adalah membantu orang lain menjawab pertanyaan dengan sopan.
3. Post Konten Ke Social Media

Ada 2 hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan social media:

Pertama, jangan pernah beli follower/like.

Kedua, jangan hanya share link dari website anda sendiri saja.

Ikuti tips ini ketika posting di social media:

  1. Jangan gunakan judul artikel sebagai isi dari tweet atau status anda. Jelaskan isi konten dengan singkat, tapi menarik.
  2. Gunakan 3 konteks yang berbeda kalau anda menjadwalkan 3 update.
  3. Prinsip rasio 2:1:1, 2 kali share konten orang lain , 1 kali share konten milik sendiri, 1 kali update tanpa link.
  4. Penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada social media.
4. Tinggalkan Komentar di Blog Orang Lain

Meskipun terlihat sepele, meninggalkan komentar di blog orang lain bisa menjadi cara promosi blog yang efektif untuk Anda. Dengan meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda bisa mendatangkan trafik dengan dua cara.

Pertama, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut. Jika pemilik blog menganggap konten Anda layak untuk dibaca banyak orang, ia tidak akan ragu untuk mempromosikan blog Anda di blog dan media sosialnya.

Kedua, ketika meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda juga bisa berdiskusi dengan orang lain di kolom komentar. Dengan begitu Anda tidak hanya menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut, tetapi juga blogger-blogger lain.

Supaya Anda bisa merasakan efeknya, tentu Anda perlu meninggalkan komentar di blog-blog yang sudah terkenal dan trafiknya tinggi. Dengan begitu komentar Anda akan dibaca lebih banyak orang.

5. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat

Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis. Dari 1 jadi 4 sekaligus. Begitu pula kalau anda punya konten video, bisa dijadikan artikel juga. Tidak berhenti sampai di situ. Kita akan memanfaatkan website-website yang sudah memiliki banyak pembaca. Kemudian konten bentuk lain tersebut kita kirim ke sana.

Ini beberapa situs populer yang bisa kita manfaatkan:

  • SlideShare – slide presentasi
  • YouTube, Vimeo, DailyMotion – video
  • Kompasiana, Medium, Rubrik OkeZone – artikel
  • Visual.ly – infografis
  • iTunes, SoundCloud – podcast
  • Scribd – ebook

Di website-website ini sudah ada banyak orang yang siap menyantap konten Anda. Sehingga apabila dalam konten yang diterbitkan di website-website tadi terdapat link menuju website Anda, maka anda akan mendapatkan banyak traffic.

6. Kontak Calon Pembaca Secara Personal

Kabar baiknya, Anda bisa mengontak pengunjung blog secara personal melalui email atau biasa disebut juga sebagai email marketing. Menghubungi pengunjung blog melalui email bahkan bisa lebih efektif dibandingkan dengan share di media sosial. Menurut McKinsey, email marketing 40 kali lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter.

Pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa meyakinkan pengunjung blog untuk membagikan alamat email mereka kepada Anda? Pertama, tambahkan tombol subscribe di blog Anda. Kedua, tawarkan konten eksklusif seperti infografik atau ebook gratis agar orang-orang tertarik untuk subscribe. Ketiga, kirimkan email newsletter untuk mengingatkan subscriber untuk membaca konten terbaru blog Anda.

7. Gunakan Paid Ads

Pertama, cara promosi blog menggunakan paid ads jauh lebih murah dari yang Anda kira. Anda bisa mengatur budget iklan sesuai anggaran yang Anda miliki. Jadi tidak perlu khawatir tentang biaya iklan yang mahal.

Kedua, paid ads memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens secara spesifik. Jadi penyedia jasa iklan seperti Google, Facebook, dan Instagram akan menampilkan iklan Anda kepada audiens sesuai karakteristik yang Anda tentukan.

Ketiga, menggunakan paid ads itu susah adalah mitos belaka. Pengoperasian paid ads mungkin terlihat sulit saat ini karena Anda belum pernah mencobanya. Dengan sedikit belajar menggunakan panduan yang tepat, Anda bisa menguasai paid ads dalam waktu singkat.

Terdapat berbagai pilihan paid ads yang bisa Anda gunakan untuk promosi blog seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat