WA: +62 822-1786-6600

Apa itu Website? apa saja fungsi dan juga manfaat dari website?

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam apa itu website, fungsi website, dan juga manfaat website. penasaran? Mari simak penjelasannya!

APA ITU WEBSITE?

Website adalah sebuah halaman atau sekumpulan halaman situs yang saling terhubung dan dapat diakses di seluruh dunia, selama terkoneksi ke jaringan internet.

Website berisikan berbagai jenis informasi dan konten, seperti teks, gambar, video dan audio. Hal ini memudahkan bagi para pengunjung untuk mengakses dengan mudah dan cepat untuk mencari segala informasi, membeli produk ataupun mendapat pengalaman baru. Sedangkan bagi para pelaku bisnis, website sudah menjadi bagian penting dalam meningkatkan branding perusahaan, website juga memfasilitasi penjualan produk secara online.

Setiap halaman di situs web memiliki alamat unik yang disebut Uniform Resource Locator (URL).  Selain berisikan  berbagai informasi, seperti teks, gambar, video, dan audio, situs web juga dapat berisikan fitur interaktif seperti formular kontak, komentar, atau menjadi ruang obrolan.

Website memiliki dua elemen penting yakni Client-side dan Server-side.

Client-side website adalah bagian dari situs web yang dapat dilihat oleh pengguna menggunakan browser seperti Google Chrome atau Internet Explorer. Bagian ini terdiri dari HTML, CSS, dan JavaScript untuk merancang dan menampilkan halaman web.

Sedangkan Server-side website adalah bagian dari situs web yang tersembunyi dari pengguna dan berisi file dan data yang diproses oleh server web. Bagian server-side ini terdiri dari Bahasa pemograman seperti PHP, Python atau Ruby on Rails.

APA SAJA FUNGSI DARI WEBSITE?

Secara umum, fungsi dari website adalah sebagai sarana informasi terkini yang dibaca oleh pengguna internet. Namun selain itu, terdapat fungsi website lain yakni:

  1. Promosi: Website juga digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, baik oleh perusahaan atau individu. Website dapat digunakan untuk menampilkan portofolio produk atau layanan, testimoni, dan juga promosi diskon atau penawaran khusus.
  2. Interaksi dengan pengunjung: Website dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengunjungnya melalui fitur komentar, forum, atau live chat. Interaksi ini dapat membantu membangun komunitas dan juga meningkatkan kepuasan pengunjung.
  3. Sumber pendapatan: Website dapat digunakan sebagai sumber pendapatan, seperti melalui iklan atau menjual produk dan layanan. Beberapa website juga menawarkan konten berbayar, seperti ebook, panduan, atau akses ke fitur khusus.
  4. Pendidikan dan pembelajaran: Website dapat digunakan sebagai platform untuk pendidikan dan pembelajaran, seperti portal e-learning, kursus online, atau situs web yang menyediakan sumber belajar.
  5. Komunikasi: Website juga digunakan sebagai sarana komunikasi, seperti website perusahaan yang menampilkan informasi kontak dan formulir untuk menghubungi perusahaan, atau website organisasi yang menyediakan informasi tentang kegiatan dan program mereka.
  6. Hiburan: Website dapat digunakan sebagai sumber hiburan, seperti situs web video atau game online. Hal ini membantu untuk mengurangi stres dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung.

APA SAJA MANFAAT DARI WEBSITE?

Berikut adalah manfaat-manfaat dari website:

  1. Membangun personal branding

Pada poin ini anda bisa menampilkan hasil karya hingga portfolio karena jangkauan website luas sehingga semua orang akan mengetahui dengan mudah apa yang di tampilkan di halaman website.

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Bagi pemilik bisnis, manfaat utama website sebagai sarana meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sebab saat ini hampir semua orang pasti mencari tahu segala hal secara online lebih dulu.

Jika website bisnis dikelola dengan baik, calon pelanggan pun akan merasa lebih percaya untuk melakukan transaksi. Pelanggan tahu dimana mereka bisa menemukan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan yang mana hal tersebut bisa menaikkan tingkat konversi.

  1. Media promosi 24 jam

Website dapat diakses oleh semua orang kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Sehingga, proses transaksi pun terjadi selama 24 jam, sehari bahkan 7 hari seminggu. Pelanggan baru juga bisa berdatangan dari mana saja yang tentu sangat diharapkan oleh para pebisnis.

Tapi perlu diingat, untuk memaksimal kan pemasaran melalui website, dibutuh copywriting yang menarik.

  1. Berbagi cerita dan informasi

Menggunakan website, Anda bisa berbagi cerita dan konten dari berbagai topik. Semua hal bisa Anda bagikan, mau tentang aktivitas sehari-hari, traveling maupun hobi. Atau jika punya keahlian atau pengetahun di bidang tertentu, Anda juga bisa berbagi melaui Blog.

  1. Menggalang dana sosial

Adanya Website ini bisa dimanfaatkan untuk ruang penggalangan dana. Langkah yang bisa dilakukan adalah mengubahnya menjadi website komunitas sehingga masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk membantu orang yang membutuhkan dengan mudah dan cepat.

Kini Anda bisa membangun situs web dengan mudah, loh. Bila tertarik Anda bisa menikmati layanan hosting atau pembuatan website dari Indowebhost. Menariknya lagi,  semua benefit yang ditawarkan dapat dengan harga yang terjangkau.

Kunjungi https://indowebhost.co.id/ untuk info lebih lanjut atau @indowebhost di Instagram.