WA: +62 822-1786-6600

Pengertian Server

Apa itu Server? server adalah sistem computer yang bertugas memberikan layanan atau sumber daya ke komputer lain yang terhubung ke server melalui jaringan. Layanan atau sumber daya yang disediakan oleh server dapat dari berbagai jenis, seperti file sharing, web hosting, database, gamer server, dan banyak lainnya.

Server umumnya memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi dan koneksi internet yang lebih cepat disbandingkan dengan komputer klien yang terhubung dengannya. Tujuannya agar dapat melayani permintaan akses dan transfer data dari klien dengan cepat dan efisien.

Server dapat berupa komputer fisik yang tersedia di lokasi tertentu atau server yang di hosting secara virtual di cloud. Jenias server yang digunakan tergantung pada kebutuhan dan keperluan perusahaan yang menggunakan layanan tersebut.

Nah, setelah mengetahui pengertian dari server. Berikutnya, yuk bahsa fungsi server!

Fungsi Server

Setelah memahami apa itu server, berikut adalah beberapa fungsi server yang perlu Anda ketahui:

  1. Melayani permintaan komputer client

Secara umum, fungsi utama server adalah merespon setiap permintaan dari client agar bisa diproses. Baik itu permintaan data atau aplikasi untuk dijalankan oleh klien.

Untuk mendukung fungsi tersebut, server jaringan biasanya menggunakan sister operasi yang cepat dan aman. Ini memungkinkan klien bekerja lebih efisien dan tentu saja lebih aman.

Namun, tidak semua permintaan klien diproses melalui server. Ketika klien sering membuat permintaan yang sama berkali-kali, permintaan tersebut biasanya dikirim melalui cache.

Cache adalah teknologi untuk menyimpan informasi pada website yang sering diminta klien. Tujuaunnnya adalah agar akses ke situs bisa lebih cepat.

  1. Menyimpan data atau informasi

Fungsi server selanjutnya adalah sistem penyimpanan data yang ditransfer dari klien. Data atau yang tersimpan dapat berupa dokumen dan informasi yang kompleks.

Server harus memiliki kapasitas yang besar untuk menampung banyak data. Ini memungkinkan klien untuk menyimpan dan mengambil data bersama data lainnya.

Sebagian besar server biasanya menggunakan teknologi CDN untuk memungkinkan klien mengakses data lebih cepat. Singkatnya CDN adalah teknologi pemrosesan konten berdasarkan server yang paling dekat dengan klien.

  1. Menyediakan database untuk dijalankan

Fungsi server lainnya adalah menyediakan database untuk penyimpanan dan pemrosesan data. Biasanya perusahaan besar menggunakan fungsi ini untuk menerapkan big data.

Nantinya, semua data yang tersimpan di database dapat diolah dan diakses oleh pengguna. Layanan ini memungkinkan banyak perusahaan untuk mengembangkan produk bisninya.

  1. Mengatur lalu lintas transfer data atau file

Server akan mengatur komunikasi dan transfer data ke klien. Bisa dibayangkan betapa sibuknya sebuah server jaringan Ketika banyak klien yang mengajukan permintaan, bukan? Karena itu, perangkat server biasanya memiliki kapasitas seperti hardisk dan RAM yang tinggi.

  1. Mengamankan dari serangan kejahatan

Terakhir, fungsi server adalah sebagai pelindung komputer atau website dari serangan hackers.

Setiap kali klien menerima request data, server akan memeriksa alamat IP dan informasi lainnya. Jika ada sesuatu yang mencurigakan, misalnya ancaman malware, server dapat memblokir akses ke alamat IP tersebut. Ini memungkinkan data yang disimpan di komputer atau website tetap aman.

Nah itu dia Fungsi Server, ingin tahu apa saja jenis-jenis server? Yuk kita bahas!

Jenis Server

  • Web server: Menyediakan layanan hosting untuk website.
  • File server: Menyimpan dan mengelola data file dan folder yang dapat diakses oleh komputer-komputer klien melalui jaringan.
  • Database server: Menyimpan dan mengelola database dan memungkinkan akses data yang cepat dan efisien dari komputer-komputer klien.
  • Mail server: Menyediakan layanan email hosting dan memungkinkan pengiriman dan penerimaan email melalui jaringan.
  • Game server: Menyediakan layanan hosting untuk permainan online dan memfasilitasi koneksi antara pemain dari lokasi yang berbeda.
  • Proxy server: Menyediakan layanan untuk mengakses sumber daya internet melalui jaringan yang aman dan terlindungi.
  • DNS server: Menyediakan layanan untuk mengonversi alamat IP menjadi nama domain dan sebaliknya.
  • Virtual server: Merupakan server yang di-hosting secara virtual di cloud dan dapat digunakan untuk berbagai jenis layanan seperti web hosting, database, dan lain-lain.

Nah itu dia beberapa jenis server, supaya bisa mendapatkan manfaat server secara maksimal, penting sekali memilih layanan penyedia server terpercaya.

Untuk memenuhi kebutuhan web server, Indowebhost beragam jenis layanan hosting yang terbaik. Segera cek website resmi Indowebhost atau kunjungi @indowebhost di Instagram